PEMBINAAN DAN PELATIHAN KELOMPOK BUDAYA KERJA (KBK) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GRESIK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND

IMG_3989edit

Dalam rangka menumbuhkembangkan Etos Kerja di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, telah dilaksanakan Pembinaan dan Pelatihan Kelompok Budaya Kerja (KBK) “Cerdas” melalui Kegiatan Out Bound bagi Pejabat Eselon III dan IV serta Perwakilan Pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang diikuti sebanyak 55 Orang dan dilaksanakan pada :

Hari                : Sabtu dan Minggu.

Tanggal          : 22-23 September 2012.

Tempat           : Wisata Songa Alam Lestari Probolinggo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Drs. NADLIF, M.Si dalam Arahannya menghimbau kepada Para Peserta yang terdiri dari Pejabat Eselon III dan IV serta Kepala UPTD, Agar lebih memperhatikan bidang tugasnya masing-masing serta dapat mengevaluasi berbagai kelembahan/masalah yang dihadapai dalam tugas sehari-hari, kemudian segera dicarikan solusi dalam Kelompok Budaya Kerja (KBK) sehingga dapat memberikan pelayanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan serta berusaha untuk memenuhi Standar Minimal Pelayanan.

Sebagai Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ir. TIMOTIUS SUPRAPTO dari PT.Semen Gresik, menekankan 7 langkah penyelesaian masalah, yang dikenal dengan PDCA yang dimulai dengan :

  1. Menentikan Tema dan Judul
  2. Analisa Penyebab
  3. Menguji dan menentukan penyebab dominanb
  4. Merencanakan dan melaksanakan perbaikan
  5. Evaluasi Hasil
  6. Membuat Stadar Baru
  7. Mengumpulkan data baru dan rencana berikutnya.

Turut hadir dan memberikan Arahan dalam kesempatan ini adalah BUDI RAHARJO, SH sebagai Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Pemerintah Kab. Gresik, mengingatkan pentingnya setiap SKPD melaksanakan KBK bukan hanya sekedar mengikuti lomba gelar budaya kerja. Tetapi lebih dari pada itu dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya baik bagi personil yang mengikutinya tetapi lebih dari itu dapat meningkatkan kerjasama tim dan Instansi serta masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Kabag Ortala Struktur Organisasi Dinas Pendidikan memungkinkan untuk penambahan Bidang baru, jika ada penambahan Urusan. Oleh karena Olahraga Prestasi sebagian besar atlitnya adalah Pelajar maka seyogyanya Urusan Olahraga dan Pemuda ada di Dinas Pendidikan sehingga bisa menjadi maksimal 7 Bidang, yang sekarang ini hanya ada 4 Bidang di Dinas Pendidikan.

Seluruh peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, apalagi di hari ke-2 dengan kegiatan yang menantang yang dimulai dengan Petunjuk Rafting, Naik Pic-up menuju tempat Start Arung Jeram, menumpang perahu karet menyusuri Sungai Songa Alam yang sangat menawan dan mengasyikan yang ditempuh jarak 12 Km. Setelah tiba kembali di base camp seluruh peserta menikmati hidangan makan siang ala makanan desa. Sebahagian besar peserta mengisyaratkan bahaya dalam mengikuti kegiatan ini adalah “ KETAGIHAN”. Ingin mengulang lagi ? ya sampai Jumpa di tahun depan dengan Alam dan Tempat yang berbeda. SEMOGA

 

 

 

 

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “PEMBINAAN DAN PELATIHAN KELOMPOK BUDAYA KERJA (KBK) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GRESIK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND”

  1. BRAM IRIANTO says:

    Kalau menurut saya, bahwa keberhasilan suatu Organisasi dalam mencapai tujuannya termasuk pula keberhasilan dalam mencapai “PENGEMBANGAN BUDAYA KERJA APARATUR NEGARA”, tentunya tidak lepas dari tersedianya 5 (lima) unsur manajemen yang memadai serta kemahiran dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling).

    Untuk mencapai itu semua tentunya semua Personil dalam Organisasi harus diberikan pembekalan tentang Ilmu Administrasi, agar nampak Potensinya.

  2. Webmaster says:

    Untuk Bram Irianto
    Terimkasih atas komentarnya yang membangun

Leave a Reply

YellowLine theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Book of Ra, Sizzling Hot and Lucky Ladys Charm.